Promosi!!!

JobsMalaysia.Info (Terkini)

Wednesday, May 26, 2010

Motivasi Diri Sendiri


Tidak ada orang yang boleh memiliki motivasi lebih baik dari memotivasi dirinya sendiri. Motivasi diri sendiri seperti ini datang dari diri kita sendiri bukan dari orang lain.

 Ada beberapa tips motivasi diri sendiri :  
1. Melakukan refleksi terhadap apa yang akan kita capai lalu menuliskannya di selembar kertas.
Untuk  melakukan motivasi terhadap diri kita, kita harus tahu apa tujuan yang ingin kita capai. Lalu kita harus mengembangkan perencanaan jangka pendek mahupun jangka panjang. Jalan mana yang akan kita pilih, haruslah sesuai dan logik. Kita tidak boleh memilih jalan yang kita sendiri tahu bahwa kita tidak akan sanggup menjalaninya. Akhirnya yang akan kita temui adalah kegagalan dan keputusasaan sebelum kita mampu mencapai tujuan kita tersebut.

Setelah kita menuliskan tujuan kita bersama dengan rencana yang kita buat untuk mencapainya, tampalkan kertas tersebut di tempat yang akan sering kita lihat setiap saat. Di cermin dalam kamar, di almari, di dinding, atau di mana pun yang menurut kita akan membuat kita sering melihat dan membacanya. Setiap hari paling tidak kita harus melihat dan membacanya sekurangnya 5 kali. Hal ini kita lakukan agar kita selalu teringat dengan tujuan yang ingin kita capai.


Setiap hari kita juga harus mencatat apa saja hal yang telah kita lakukan untuk semakin mendekatkan kita dengan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu kita boleh menyadari dan merasakan apakah tujuan itu masih jauh, semakin dekat atau hampir tercapai.


2. Berhentilah menunda
Menunda-nunda adalah hal yang boleh membunuh impian kita. Juga mampu membunuh motivasi dalam diri kita sendiri. Tetapkan batas waktu untuk mencapai satu tujuan, dan berpeganglah dengan batas waktu yang kita tentukan sendiri. Dengan memiliki perasaan dikejar batas waktu, kita juga akan lebih fokus dan berusaha untuk memenuhi tujuan tersebut. Namun berhati-hatilah dengan menentukan batas waktu, jangan sampai waktu yang kita tentukan sendiri membuat kita stress, sehingga malah merosak mental dan fikiran kita. Fikirkanlah batas waktu yang tepat dan tetap membuat anda nyaman dalam menjalaninya. Terburu-buru juga bukanlah hal yang baik.

3. Menghadiahi diri sendiri
Setiap orang merasa senang bila diberikan hadiah atau penghargaan ketika menyelesaikan sesuatu atau tujuan tertentu. Jadi cubalah untuk memberikan hadiah atau menghargai diri kita sendiri ketika kita menyelesaikan satu bahagian dalam perencanaan kita untuk mencapai tujuan akhir kita. Hal ini membuat kita akan memiliki harapan untuk menyelesaikan bahagian-bahagian berikutnya untuk memperoleh hadiah yang lebih baik. Kita boleh cuba berjanji pada diri sendiri, misalnya ; kita tidak akan membeli baju baru sampai salah satu rancangan kita selesai. Jadi ketika rancangan tersebut selesai kita akan merasa bangga pada diri sendiri.
Ingat juga, setelah kita menyelesaikan satu perancangan cubalah membuat perancangan baru lagi dan pastikan batas waktunya. Orang yang berjaya akan selalu mencari cara untuk mengembangkan diri mereka dan kehidupan mereka.


4. Bersenang-senanglah
Dalam melakukan pekerjaan kita sering dihadapkan dengan masalah ataupun beban fikiran yang berat. Cubalah untuk tidak terlalu berat memikirkan masalah dan pekerjaan. Belajarlah untuk menikmati apa yang kita lakukan setiap hari, sehingga kita  tetap bermotivasi. Dan dengan tetap memiliki perasaan tersebut, kita boleh membantu diri sendiri  untuk mengurangkan tekanan.

Motivasi diri sendiri memiliki keuntungan tersendiri dan juga memacu diri kita untuk lebih berkembang, lebih baik, dan mengarah pada kejayaan.
Dengan memotivasi diri sendiri, bererti kita juga boleh menciptakan jalan-jalan baru untuk melangkah mencapai tujuan kita.


No comments:

Sila-silakan tinggal komen anda di sini!

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails